Visi Misi dan Tujuan

Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Program Doktor

Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Program Doktor adalah “Sebagai Pusat Pengembangan dan Invensi kepemimpinan pendidikan yang Progresif, Visioner, dan Berkepribadian Islami yang mampu memberi arah perubahan.

Tujuan Program Doktor Pendidikan antara lain:

  • Menghasilkan Lulusan Pendidikan Program Doktor menjadi pemimpin pendidikan yang progresif, visioner dan mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan secara terus menerus/ berkelanjutan berlandaskan nilai keislaman dan dapat memberi arah perubahan.
  • Menghasilkan Lulusan Pendidikan Program Doktor menjadi konsultan pendidikan yang visioner, dan profesional dengan mengedepankan kepribadian islam dalam memberikan layanan.
  • Menghasilkan Lulusan Pendidikan Program Doktor menjadi peneliti pendidikan dan hasil luarannya mampu memberi arah perubahan untuk menyelesaikan permasalahan Pendidikan.

Makna dari masing-masing kata kunci sebagai berikut:

  1. Kepemimpinan pendidikan:

Kepemimpinan pendidikan memiliki makna bahwa dalam proses pembelajaran, pendidikan program doktor menerapkan konsep dan praktik untuk menjadi pemimpin yang berkembang dalam pemikiran dan tindakan. Proses pembelajaran dibantu oleh kuliah berbasis masalah, dan luaran kuliah menghasilkan lulusan yang dapat menjadi pemimpin pendidikan.

  1. Progresif:

Kepemimpinan yang berfokus pada transformasi sistem pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan zaman modern. Kepemimpinan ini menekankan pada inovasi, keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan, serta penerapan metode dan praktik pendidikan yang relevan dan efektif.

  1. Visioner:

Visioner memiliki makna dapat melakukan prediksi arah pengembangan ke depan. Proses pembelajaran dibantu oleh perkuliahan berbasis proyek.

  1. Berkepribadian Islami

Berkepribadian Islam memiliki makna pendidikan menumbuhkan sikap dan perilaku yang berakhlakul karimah, istiqomah, dan ihsan. Ini tercermin dalam interaksi antara dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan selama proses pendidikan dan pelayanan

  1. Arah Perubahan:

Setiap kegiatan dalam Program Doktor Pendidikan, seperti penelitian, pengabdian, pengajaran, dan kegiatan lainnya, selalu berusaha menyelesaikan masalah pendidikan agar dapat memberikan pembaharuan dan perbaikan masalah yang ada.

–        Untuk mewujudkan lulusan yang dapat menjadi pemimpin pendidikan, kurikulum Pendidikan Program Doktor didukung oleh mata kuliah utama kepemimpinan Pendidikan.

–        Untuk mewujudkan lulusan yang dapat menjadi pemimpin pendidikan yang progresif dan visioner melalui mata kuliah kepemimpinan pendidikan progresif, pendidikan karakter dan multikultural, serta mutu proses dan output pendidikan.

–        Untuk mewujudkan lulusan yang memiliki kepribadian islami, kurikulum Pendidikan Program Doktor didukung oleh mata kuliah Filsafat Al-Islam-Kemuhammadiyahan & Pendidikan Profetik, serta mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan studium general Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

–    Untuk mewujudkan lulusan yang dapat memberikan arah perubahan, kurikulum Pendidikan Program Doktor didukung dengan adanya mata kuliah terkait penelitian dan publikasi artikel ilmiah, serta semua aktifitas perkuliahan dituntut agar menciptakan luaran berupa artikel jurnal, HKI, artikel proseding atau produk/buku ilmiah yang dapat diimplementasikan kepada masyarakat.

Scroll to Top